Keren! Respon Gibran Jokowi pada Aksi Bukalapak - Okami.id

Dia tak mau ikut-ikut dengan aksi tagar dan protes di media sosial

Keren! Respon Gibran Jokowi pada Aksi Bukalapak

Keren! Respon Gibran Jokowi pada Aksi Bukalapak
Gibran Jokowi

Ketika banyak orang ramai-ramai hendak meng-uninstall Bukalapak, Gibran Rakabuming, putra sulung Jokowi, malah bersikap lain. Dia tak mau ikut-ikut dengan aksi tagar dan protes di media sosial. Malah, dia membela Ahmad Zaky, pendiri Bukapak itu. Kok bisa?

Di akun twitter-nya tanggal 15 Februari 2019 silam, Gibran menyebut aksi-aksi protes itu malah norak. Sebagai pelaku UMKM, dirinya malah sangat terbantu oleh Bukalapak. Apalagi, dia memasarkan jas hujan melalui situs perdagangan online itu.

Baca: Bukalapak, Lupabapak, dan Kedunguan Digital

Banyak netizen yang terkejut dengan respon Gibran. Mereka merasa sedang mengingatkan pendiri Bukalapak itu agar tidak Lupabapak. Eh, Si Gibran malah mendukung orang yang diprotes itu. Namun ada juga yang mengaku salut dengan Gibran.

Bisa memberikan respon positif di tengah seruan boikot adalah hal luar biasa. Apalagi jika yang hendak dibela adalah orang tua sendiri. Gibran memilih setia di garis nilai yang tengah dianutnya. Dia bisa melihat mana yang substansial dan mana yang remeh-temeh. Respon hebat seperti ini bukan pertama kalinya.

gibran
gibran

Dalam catatan Okami.id, Gibran beberapa kali memberikan respon mengejutkan. Pertama, respon pada demo di depan Markobar. Di hari Minggu, 2 Juli 2018 lalu, aksi #2019GantiPresiden dilakukan di depan kedai Markobar di Solo.

Saat banyak orang teriak-teriak dan orasi di depan outlet jualannya, dia memberikan tweet yang mengejutkan:

“Hai! Orasinya merdu sekali! Terimakasih sudah antri menikmati kelezatan martabak manis kesukaan kita semua. Ditunggu ordernya lagi yaa. Mari sebar kebaikan untuk sesama. #eatsharehappiness with markobar”

Baca: Berkelas! Cara Gibran Jokowi Tanggapi Demo di Depan Markobar

Kedua, tanggapan pada Fahri Hamzah di satu acara televisi, 18 Juli 2018. Sebelumnya, Fahri Hamzah mengkritik Jokowi, dan disaksikan oleh Gibran. Ketika ditanya apa saran untuk Fahri, malah Gibran kembali memberi respon mengejutkan.

“Saran saya buat Pak Fahri, ya lanjutin terus seperti itu. Kan Pak Fahri seperti itu. Ya lanjutin terus seperti itu, terus aja. Jangan pernah berhenti mengkritik. Kalau nggak mengkritik, ya bukan Pak Fahri Hamzah,” katanya.

Ketiga, di bulan September 2017, pemimpin Vietnam datang ke Indonesia. Ada netizen yang membandingkan perlakuan Jokowi pada pemimpin Vietnam dengan perlakukan Erdogan pada orang Rohingya.

Netizen itu mengatakan: “"Kasih tahu bapak mu @Chilli_pari @kaesangp bersikaplah sbg Kepala Negara! Jgn komunis vietnam d sambut hangat," tulisnya.

Gibran langsung merespon. Bukannya marah, dia malah berterimakasih. "Nggih pak. Nanti akan kami sampaikan. Mohon dimaafkan. Jaya selalu MCA dan Jempol Rakyat asuhan mbak ajeng,"tulisnya.

Selain dari postingan di atas, banyak pula respon hebat lain. Gibran selalu memberi respon pada banyak isu, mulai dari Jan Ethes, Ahmad Dhani hingga Fadli Zon. Yang menarik, dia tidak pernah menganggap serius semua respon. Dia malah bercanda dan menjawab dengan hal-hal positif.

Respon positif Gibran ibarat embun yang menyejukkan media sosial. Pesan yang kuat yang hendak disampaikan adalah apa pun dinamika politik yang terjadi, jangan pernah kehilangan kegembiraan. Tetap positif dan selalu bahagia.(*)

Leaderboard
close