Mengenang Soeharto Saat Nonton "Crazy Rich Asian" - Okami.id

Film Crazy Rich Asian menyorot satu sisi yang selama ini tidak banyak diketahui publik.

Mengenang Soeharto Saat Nonton "Crazy Rich Asian"

Mengenang Soeharto Saat Nonton
Salah satu adegan dalam Crazy Rich Asian

Oleh: Yusran Darmawan*

FILM Crazy Rich Asian menyorot satu sisi yang selama ini tidak banyak diketahui publik. Yakni kisah tentang mereka yang super kaya dan punya segalanya. Dikemas dalam konsep komedi, film ini menyibak banyak hal yang selama ini tersembunyi. Di balik rumah-rumah mewah dan pakaian glamour, serta perhiasan mahal itu, ada banyak cerita tentang tradisi serta kebiasaan-kebiasaan kalangan jetset.

Namun, sepanjang film ini, saya juga memikirkan bagaimana keluarga super kaya di Indonesia menjalani kehidupannya. Saya mengingat beberapa konglomerat yang selama ini disorot. Namun, ingatan paling kuat adalah keluarga yang mendominasi politik dan bisnis di Indonesia selama puluhan tahun.

Ya, saya mengingat keluarga Soeharto serta anak-anaknya yang memiliki gurita bisnis hingga ke mana-mana.

***

PEMUDA ganteng itu bernama Nick Young. Ia berpacaran dengan Rachel Chu (Constance Wu), seorang profesor ekonomi di New York Universty. Selama setahun pacaran, Nick tidak pernah bercerita detail tentang keluarganya. Suatu hari, Nick mengajak Rachel ikut menemaninya pulang kampung ke Singapura demi menghadiri pernikahan keluarganya. Rachel pun bersedia ikut.

Ketika menumpang pesawat kelas eksekutif, barulah Rachel tahu siapa kekasihnya ini. Ternyata lelaki yang terlihat sederhana dan sesekali meminjam password netflix miliknya itu berasal dari satu keluarga kaya. Tak sekadar kaya, keluarga itu super kaya, dengan jangkauan bisnis hingga banyak negara.

Adegan awal film ini cukup mengejutkan. Nick kecil bersama ibunya Eleanor Young (Michele Yeoh) datang ke satu hotel mewah di Inggris dalam keadaan basah kuyup. Manager hotel menolak untuk memberikan fasilitas kamar paling mewah. Tampilan mereka terlihat kumuh, juga karena wajah Asia-nya.

Kesal karena tidak diberi kamar, Eleanor meminta izin memakai telepon, tapi tidak diberikan. Akhirnya dia memakai telepon umum di luar hotel. Saat dirinya kembali ke hotel, manajer hotel kembali ingin mengusir mereka.

Sedetik berikutnya, bangsawan pemilik hotel. Dia menyapa Ibu Nick, kemudian memanggil managernya, lalu menyampaikan kalau perempuan Cina itu adalah pemilik hotel yang baru. “Suaminya baru saja menelepon saya. Dia telah membeli hotel ini. Perkenalkan, inilah pemilik hotel yang baru,” katanya. Sang manajer terkejut. Eleanor tersenyum penuh kemenangan.

Kisah selanjutnya bergulir manis. Rachel menemui sahabatnya di Singapura Peik Lin yang juga kaya-raya. Saking kayanya, rumah sahabat itu didesain seperti Istana Versailles, dan toiletnya mirip dengan toilet Donald Trump. Keluarga sahabatnya juga kocak. Saya suka adegan ketika mereka tahu siapa tunangan Rachel. Mereka melongo terkejut, sampai-sampai terdiam.

Tonton Juga : Ternyata Ada Peran Orang Indonesia di Film 'Crazy Rich Asians' yang Lagi Booming

Rupanya di kalangan orang super kaya, seseorang yang kekayaannya jauh di atas bisa menimbulkan rasa segan dan takjub. Setelah membaca versi novel, saya jadi tahu kalau ternyata keluarga Peik Lin itu adalah keluarga yang dahulu miskin dan kemudian kaya-raya. Di kalangan jetset, kasta mereka akan selalu di bawah mereka yang kekayaannya sejak beberapa generasi sebelumnya.

Kepada Rachel, Peik Lin menjelaskan kekayaan keluarga Young yang sudah melintasi beberapa generasi. Kakek buyutnya dahulu adalah imigran dari Cina ke Singapura, kemudian mulai mengelola bisnis. Kini, keluarganya adalah pemain bisnis paling utama di Singapura, Hong Kong, Cina, dan banyak negara lainnya.

Kekayaan keluarga itu bikin orang lain minder. Rachel akhirnya tahu kekayaan keluarga Young. Lokasi rumahnya saja tidak dikenali oleh Google Map. Rumah itu seperti istana yang dijaga oleh pasukan bersenjata. Interiornya megah. Ketika berkenalan, orang super kaya membahas pabrik, perusahaan, atau bisnis yang dikelola.

HALAMAN
123
Leaderboard
close