Pesawat Boeing 737 Max 8 yang Jatuh Punya Keunggulan Dari Pesawat Lain - Okami.id

Jenis pesawat Lion Air rute Jakarta-Pangkalpinang, yang jatuh di kawasan Tanjung Karawang, Jawa Barat

Pesawat Boeing 737 Max 8 yang Jatuh Punya Keunggulan Dari Pesawat Lain

Pesawat Boeing 737 Max 8 yang Jatuh Punya Keunggulan Dari Pesawat Lain
Pesawat Jenis Boeing 737 MaxFoto: Tribunnews.com

Okami.id - Pesawat Lion Air rute Jakarta-Pangkalpinang, yang jatuh di kawasan Tanjung Karawang, Jawa Barat, diketahui berjenis Boeing 737 Max 8. Pesawat ini dikabarkan mengangkut 188 penumpang.

Seperti diberitakan Kompas TV, Lion Air JT-610 belum setahun dioperasikan. Pesawat milik pabrikan Boeing ini memiliki sejumlah keistimewaan. Salah satunya didesain dengan dua lekukan pada masing-masing ujung sayap (scimitar winglet), menggabungkan mesin terbaru guna mengurangi tingkat kebisingan sehingga penumpang akan merasakan perjalanan yang lebih senyap. 

Baca: Pesawat Lion Air yang Jatuh di Perairan Karawang Angkut 188 orang Termasuk 2 Bayi

Boeing 737 MAX adalah pesawat penumpang sipil (airliner) yang dikembangkan untuk menggantikan Boeing 737 Next Generation. Perubahan utama adalah penggunaan mesin yang lebih besar dan lebih efisien yaitu mesin CFM LEAP-1B Internasional. Badan pesawat juga menerima beberapa modifikasi.

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communication Strategic of Lion Air, mengungkapkan Boeing 737 MAX 8 merupakan salah satu armada baru yang memiliki kabin lebih ramping dan luas.

"Pesawat mempunyai tata letak kursi (konfigurasi) 3-3 lorong tunggal (single aisle). Setiap kursi berlapis kulit, sangat ergonomis dan dilengkapi sandaran kepala,' ujar Danang kepada media.

Baca: DATA SEMENTARA: Daftar Nama-nama Penumpang Lion Air yang Jatuh di Karawang

Dari website Lion Air dijelaskan bahwa Mesin Boeing 737 MAX 8 lebih senyap karena mampu meredam suara mesin sebesar 40 persen dan penumpang yang naik  memiliki kesempatan untuk membawa bagasi lebih banyak.

Boeing 737 MAX 8 bisa terbang lebih lama tanpa mengisi bahan bakar mencapai 7 jam 30 menit. Jenis ini merupakan pesawat boeing pertama yang memiliki fitur double winglet.  Bahan bakar 737 MAX juga diklaim lebih hemat 20 persen dibanding generasi 737 saat ini (737 NG).

737 MAX akan meningkatkan kemampuan varian B737 Next Generation (NG) dengan daya jelajah terbang 340-570 mil laut lebih jauh, menjadi 3.500 mil laut (6.500 km).

Selain itu, Boeing 737 Max 8 juga dilengkapi desain winglet terbaru di ujung sayap. Fungsinya untuk memecah turbulensi udara yang terjadi di ujung sayap, saat pesawat berjalan dalam kecepatan tinggi.

Leaderboard
close