Sepuluh Postingan Hebat untuk Caleg Juara - Okami.id

bagaimana menyusun materi atau konten yang tepat untuk memikat orang

Sepuluh Postingan Hebat untuk Caleg Juara

Sepuluh Postingan Hebat untuk Caleg Juara
ilustrasi

Oleh: Yusran Darmawan*

Pertanyaan penting yang sering muncul dari para caleg di media sosial adalah bagaimana menyusun materi atau konten yang tepat untuk memikat orang agar setia menjadi pengikut (follower), dan setelah itu akan memilih di bilik suara?

***

Seiring dengan kian dekatnya pemilu, kawan itu mulai bijak di media sosialnya. Sebelumnya, dia rajin menyembur kebencian dan permusuhan kepada seseorang yang kini sedang menjabat. Tapi belakangan ini, dia berubah drastis. Dia mulai rajin membagikan petuah-petuah dan postingan bijak.

Dia tak sendirian. Hampir semua politisi dan caleg kini masuk ke media sosial. Rimba persilatan medsos kini dipenuhi banyak orang yang mendadak baik. Ada yang rutin memajang foto kegiatan, kata-kata bijak, ada pula yang sibuk memasang foto tersenyum.

Namun rimba persilatan medsos ini terasa menjemukan sebab semua orang menggunakan jurus yang sama. Semua orang menampilkan postingan berupa wajah yang sudah dipercantik oleh sotosop, kemudian dibumbui kalimat bijak, setelah itu ajakan memilih.

Sebagai netizen, kita nyaris tak menemukan kebaruan. Tak ada variasi dan jurus baru. Padahal, jantung dari semua aktivitas pengelolaan medsos adalah kreativitas.

Baca: Digital Storytelling untuk Menang Pemilu Legislatif

Mereka yang menguasai medsos bukan mereka yang terganteng dan terkaya, melainkan mereka yang paling kreatif, paling bisa mengolah hal-hal sederhana menjadi menarik, serta bisa membangun interaksi kuat dengan para netizen.

Di mata saya, jantung dari semua aktivitas di media sosial adalah pengelolaan konten. Ketika Anda punya konten menjual, maka Anda akan dikenali, kemudian disukai. Jika selalu konsisten, rasa suka akan berubah menjadi dukungan hingga dipilih di bilik suara.

Banyak orang yang terus-menerus menyajikan menu yang itu-itu saja di media sosial. Padahal, ada banyak kiat dan strategi konten yang bisa dipilih. Seiring waktu, Anda bisa memantau semua konten itu, melihat mana yang disukai, kemudian jadikan sebagai style atau ciri Anda.

Saya mengidentifikasi ada 10 jenis postingan yang bisa dipilih seorang politisi di media sosial. Kita lihat satu persatu.

Pertama, narasi. Inilah jenis postingan yang paling populer dan disukai. Anda cukup bercerita tentang diri Anda secara apa adanya. Tak sekadar bercerita, bagikanlah hikmah atau pembelajaran dengan cara yang kreatif dan tidak menggurui.

Sekali Anda bisa mengetuk hati seseorang, maka dia akan segera menjadi follower, setelah itu relawan, kemudian jadi tim sukses. Saya memantau narasi adalah kekuatan dari beberapa politisi yang paling disukai di media sosial.

Lihat saja postingan Presiden Jokowi, Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Airlangga Hartarto, hingga tokoh-tokoh seperti Basuki Tjahaja Purnama. Mereka bisa bercerita dengan mengalir dan menunjukkan sisi paling manusiawi pada diri mereka.

HALAMAN
123
Leaderboard
close